Agar Anak Pandai Bergaul

10 Jun
0 comment

Agar Anak Pandai Bergaul; Ada banyak pertimbangan pada diri anak-anak yang membuat mereka kesulitan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal ini tentunya akan lebih berat dialami oleh anak-anak yang pemalu, dimana mereka akan cenderung lebih diam dan tidak banyak berbicara dengan orang-orang yang tidak mereka kenali.

Sementara itu, lingkungan mereka tentu tidak akan dengan mudah masuk kedalam kehidupan anak jika mereka tidak mampu mengambil langkah awal berinteraksi dengan mereka.

  1. Ajak anak untuk selalu berpikiran positif.

Meskipun mereka masih kecil, namun tidak ada batasan umur untuk mengajarkan hal ini pada seseorang. Hanya saja, pada anak-anak anda bisa mengajarkannya lewat sesuatu hal yang sederhana. Seperti misalkan, sewaktu anak bermain bersama dengan teman barunya dan ada teman lainnya yang tidak ingin bermain bersama anak anda dan temannya yang baru, berikan pengertian pada mereka, teman mereka mungkin saja masih malu berkenalan dengan anak anda atau mungkin teman tersebut akan berteman dengan anak anda dilain waktu. Selain itu, daripada anak anda memusuhi temannya tersebut, mintalah anak anda untuk melakukannya terlebih dahulu, siapa tahu temannya sungkan karena malu bergabung dengan anak anda. Pendidikan yang satu ini tentunya penting sekali untuk terus ditanamkan pada anak karena mungkin kasus yang akan mereka hadapi setiap harinya akan berbeda-beda. Selama mereka masih belum bisa mengambil keputusan sendiri, maka dukung dan arahkan mereka dengan tanpa lelah dan rasa bosan.

  1. Ajarkan anak agar dapat mengendalikan emosi.

Perasaan sedih, kesepian, kecewa dan kesal serta emosi-emosi lainnya mungkin mereka rasakan. Namun sewaktu si anak memiliki kesempatan untuk mendapatkan interaksi dan sosialisasi dengan temannya, maka berikan dukungan padanya untuk mencoba dan berikan pula pemahaman bahwa berteman tidaklah memilih dan bisa dilakukan dengan siapa saja. Mintalah mereka untuk meredam emosi kesal mereka dan bujuk mereka untuk mencoba, siapa tahu temannya yang baru bisa menjadi sahabatnya. Selain itu, ajarkan pula anak-anak untuk bisa mengontrol amarah dan kekecewaanya jika suatu waktu harapannya tidak sesuai dengan kenyataan di lingkungan pergaulanya.

  1. Ajari anak supaya mudah tersenyum.

Seseorang yang mudah senyum akan lebih cenderung mudah disenangi banyak orang dibandingkan orang yang menampakan wajah masam atau bahkan judes. Senyum tak hanya menyenangkan dilihat orang lain, namun hal ini juga memberikan efek positif pada suasana hati anak-anak. Meskipun anda mengetahui karakter anak bukanlah seseorang yang ramah, namun tidak ada salahnya mengajarkan mereka untuk mudah senyum terutama saat oranglain menyapa.

  1. Ajarkan anak agar peduli sesama.

Menerapkan jiwa peduli terhadap sesama bukan hanya penting dalam hal pergaulan anak-anak saja. Namun hal ini penting sekali diterapkan dalam kehidupan disegala aspek. Anak-anak yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama bukan hanya akan mudah diterima di lingkungannya, namun juga akan disenangi orang lain. Mengajarkan kepedulian pada anak-anak bisa dilakukan dengan cara meminta anak untuk selalu berbagi dengan teman-temanya, mengajarkan anak untuk peduli terhadap temannya yang sedang sedih dan mengajarkan anak tentang arti kesetian. Maka penting sekali bagi orangtua dalam mengawasi lingkungan pergaulan anak guna mengarahkan mereka pada kehidupan sosial yang baik.

( Sumber: https://bidanku.com/tips-agar-anak-menjadi-pribadi-yang-menyenangkan-dalam-bergaul | Bidanku.com )

Leave your thought