Kecerdasan Spiritual Anak

09 Jun
0 comment

Kecerdasan Spiritual Anak; Anda punya anak? Pasti repot yah? Banyak hal yang mesti disiapkan bukan? Selain berbagai kebutuhan seperti makanan, pakaian, maupun peralatan untuk si kecil, juga ada beberapa hal lain yang harus Anda siapkan dan terapkan kepada anak (anak) Anda baik itu pendidikan, dan juga kecerdasan spiritual (SQ).

SQ adalah kecerdasan yang berasal dari batin maupun jiwa seseorang yang pada nantinya akan selalu berpikir positif sehingga mampu bertumbuh menjadi seorang manusia seutuhnya.

Agar SQ pada anak selalu bertumbuh dan berkembang –sebagaimana fisiknya– tentu harus dilakukan sejak dini atau pada saat anak tersebut masih kecil. Tujuannya adalah supaya anak Anda bisa menjadi orang yang memiliki kepekaan terhadap diri sendiri maupun alam dan lingkungan di sekelilingnya, baik itu secara batin maupun jiwa. Selain itu, dengan menerapkan hal ini si kecil pun mampu mengenali diri sendiri serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Berikut ini beberapa manfaat dari SQ:

  1. Mampu mengenali (siapa) dirinya.

Sangat banyak manfaat menumbuhkan kecerdasan spiritual pada anak Anda, salah satunya adalah apabila hal ini di terapkan maka si kecilpun dapat mengenali siapa dirinya.

Selain itu, si kecil pun bisa tahu apa kelebihan ataupun kekurangan yang dimilikinya dan juga dapat atau mampu untuk bisa menutupi berbagai macam kekurangan yang ia miliki serta dapat mengasah dan juga memaksimalkan kelebihan yang ia punya, menuju pribadi yang baik serta sukses dimasa mendatang.

  1. Memiliki karakter yang lebih baik.

Jika Anda benar-benar mengajarkan dan menerapkan SQ ini pada anak, maka anak Anda pun akan menjadi prbadi yang lebih baik lagi. Pada umumnya, anak yang memiliki SQ baik itu takkan segan untuk menolak berbagai hal atau perbuatan yang memang tidak sesuai dengan prinsip yang dimilikinya. Misalkan seperti berbohong, mengambil barang atau hak orang lain, mencelakakan orang lain dan hal-hal negatif lainnya.

Sebaliknya, si kecil pun akan lebih mudah untuk melakukan berbagai hal positif atau baik misalkan seperti patuh pada orang tua, rajin beribadah, taat kepada guru, hormat kepada orang yang lebih tua darinya.

Selain itu anak Anda juga akan terbiasa untuk menolong orang lain, selalu termotivasi untuk bersikap jujur, ikhlas, amanah, sportif, dan mereka pun akan terbiasa untuk meminta maaf apabila dirinya berbuat salah.

( sumber: https://kumparan.com/abdul-majid1513035758624/manfaat-kecerdasan-spiritual-pada-anak/full )

Leave your thought