Agar Anak Tidak Teriak-Teriak

21 May
0 comment

Agar Anak Tidak Teriak-Teriak; Anak suka teriak-teriak..?  Hmm, bagaimana menghadapinya..??

Jangan sampai kebiasaan anak berteriak-teriak membuatnya dikira tak pernah diajari sopan santun oleh orangtuanya. Selain memalukan, kita sebagai orang tua pun merasa sangat terganggu apabila anak berbicara keras di hadapan kita – apalagi kalau sampai membentak.

Lalu, kita harus bagaimana?

1.       Tetap tenang, jangan panik…

Kalau sedang di luar rumah, maka akan banyak mata yang memandang ke arah Anda dan anak. Tetaplah tenang, karena banyak juga orang tua di luar sana yang memiliki masalah yang sama dengan Anda. Berpikirlah positif bahwa orang-orang itu hanya ingin melihat bagaimana Anda mengatasinya, agar mereka dapat terapkan pada anak-anak mereka juga.

2.       Alihkan perhatiannya…

Caranya dengan mengajaknya bicara hal lain yang tak berkaitan dengan yang ia teriakkan. Contoh: saat anak ingin es krim namun karena Anda larang, dia jadi berteriak-teriak. Untuk itu, katakan padanya hal lain, “Eh, Kak… lihat buah yuk, kan kemarin kita mau bikin sup buah..? Nanti Kakak yang potong buahnya di rumah ya..?” Anda juga bisa menunjukkan hal lain padanya untuk mengalihkan perhatian anak.

3.       Jangan balas teriak…

Kalau Anda balas teriak ke anak, itu akan memperburuk keadaan. Daripada berteriak untuk menghadapi anak yang hobi teriak-teriak, lebih baik gunakan cara yang lembut dan tegas. Misal: saat anak meminta sesuatu dengan berteriak, maka katakan “Adek bilang apa? Coba bicara dengan tenang dan jelas karena Ibu tidak bisa mengerti kalau Adek teriak-teriak seperti ini.” Dekati dia, dan berkata dengan nada yang baik tanpa berteriak.

4.       Jadilah ‘role model’ yang baik…

Awali mendidik anak dengan mendidik diri sendiri terlebih dahulu, pun mengajarkan anak untuk tidak teriak-teriak. Maka, biasakan berkata sopan kepada orang lain, apalagi kepada anak. Jangan teriak walau Anda sedang emosi kepadanya.

5.       Beri Penjelasan yang bisa dipahami oleh anak…

Jelaskan bahwa berteriak itu jelek, apalagi di depan banyak orang. Katakan bahwa tanpa berteriak pun Anda bisa mendengar apa yang ia ucapkan.

6.       Ajari cara mengatur volume suara…

Mungkin saja ia tak bermaksud untuk berteriak, tapi suaranya yang menggelegar itu seperti berteriak. Maka latihlah anak untuk bisa mengatur volume suaranya. Coba bermain ‘bisik-bisik’ dengan anak. Permainan ini untuk melatih volume suara anak.

( sumber: https://kiddo.id/2019/01/24/hadapi-anak-yang-hobi-berteriak-teriak/ )

Leave your thought