Minuman Terbaik untuk Berbuka Puasa

19 May
0 comment

Minuman Terbaik untuk Berbuka Puasa; Sebaiknya untuk berbuka puasa, kita tidak mencari nasi atau makanan ‘berat’ lainnya untuk disantap.

Seteguk minuman yang menyegarkan badan dan tenggorokan, serta menghilangkan dahaga yang sudah muncul sejak siang hari itulah yang sangat baik untuk didahulukan. (Eh, tak mungkin hanya seteguk yah? Pasti berteguk-teguk… hehe)

Namun banyak orang minum air es atau minuman dingin untuk berbuka puasa –pokoknya yang segar-segar, dingin-dingin, dan manis. Tahukah Anda bahwa ini merupakan kebiasaan buruk?

Buruk?  Hanya air kok?  Ya, memang… tapi kalau airnya mengandung banyak gula, akan ada efek sampingnya. Sesuatu yang manis saat berbuka puasa memang memberikan energi. Namun, kalau berlebihan bisa saja menyebabkan kegemukan atau kenaikan gula darah yang signifikan. Kalau Anda ingin menyegarkan –sekaligus menyehatkan– tubuh sebelum makan ‘besar’ saat berbuka puasa, berikut ini rekomendasinya:

  1. Air putih

Minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari.  Saat berbuka puasa, minimal segelas air putih –sampai habis, jangan disisakan. Ini dapat mengembalikan kesegaran tubuh, perlahan-lahan terhidrasi sehingga kerja organ di dalam tubuh akan kembali normal. Minum air putih juga dapat menjaga kesehatan ginjal – yang kering seharian.

  1. Susu dicampur kurma

Agar tubuh menjadi segar, sehat dan fit, kita butuh nutrisi yang mudah diserap. Yang cukup bisa diandalkan adalah susu yang dicampur dengan kurma. Masukkan segelas susu dicampur dengan tiga buah kurma yang dibuang bijinya ke mesin jus.

  1. Jus buah

Buah-buahan yang direkomendasikan untuk jus adalah semangka, alpukat, jeruk, mangga, dan tomat. Buah lain seperti strawberry juga boleh dijadikan campuran. Pastikan tidak mencampur dengan banyak gula –cukup sedikit saja, atau lebih baik tanpa gula.

  1. Air kelapa

Air kelapa mengandung banyak ion yang bisa memperbaiki kondisi elektrolit yang hilang saat melakukan puasa dari pagi hingga jelang malam. Anda bisa minum air kelapa muda yang segar berserta buahnya. Kalau rasanya kurang manis bisa ditambahi gula rendah kalori seperti gula jagung atau stevia. Air kelapa juga bisa ditambah jeruk nipis atau lemon untuk memberikan rasa segar dan tambahan Vitamin C.

( sumber: https://doktersehat.com/minuman-sehat-saat-buka-puasa/ )

Leave your thought