Cara agar Mood tetap Baik saat Pandemik

17 May
0 comment

Cara agar Mood tetap Baik saat Pandemik; Menjadi pribadi yang tetap ceria dengan mood (suasana hati) yang selalu baik saat pandemi Corona Covid-19 seperti sekarang ini memang tidak mudah.

Meski begitu, adalah suatu keharusan bagi kita untuk menjaga – bahkan kalau bisa: meningkatkan – mood kita.

Bagaimana caranya?  Sebetulnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan setiap hari agar dapat menjaga, bahkan meningkatkan mood kita di masa pandemik ini:

  1. Mengetahui hal-hal yang membuat diri bahagia, dan lakukanlah lebih sering lagi

Tanyakan diri Anda sendiri, apa yang benar-benar membuat Anda bahagia. Misalnya: Anda merasa bahagia kalau bisa menghabiskan waktu bersama anggota keluarga; atau dengan melakukan hobi yang Anda sukai seperti bernyanyi, bermusik, berolahraga, dan sebagainya; atau kebahagiaan itu benar-benar Anda rasakan ketika sedang beribadah, beramal, bersedekah, berbagi, dan lain-lain.

Lalu, setelah mengetahui apa yang membuat Anda bahagia, buatlah rencana untuk lebih banyak melakukannya!

  1. Selalu bersyukur dan berterima kasih

Ada begitu banyak kabar ‘buruk’ yang kita dengar di masa pandemi ini. Namun apa pun yang terjadi, tetaplah bersyukur setiap hari dengan apa yang kita miliki. Kalau kita memang ‘butuh strategi’ untuk selalu bersyukur, maka Anda dapat menyeimbangkan skala berita positif dan negatif dalam hidup Anda. Perbanyak mengingat nikmat, hilangkan buruk sangka – kepada orang lain, apalagi kepada Tuhan.

  1. Perlakukan diri Anda secara spesial, sejak bangun pagi

Kondisi yang membuat kita terpaksa ‘dikarantina’ dapat menyebabkan kita mengembangkan rasa pengulangan yang menyebalkan. Bangun dan melakukan hal yang sama persis hari demi hari bisa melelahkan, terutama di pagi hari, ketika Anda bangun dengan kenyataan yang sama – yang itu-itu lagi. Memanjakanlah diri Anda dengan sesuatu di rutinitas pagi Anda.

  1. Curahkan energi dan sumber daya yang dimiliki untuk kreativitas

Melakukan sesuatu yang kreatif benar-benar dapat membantu kita melewati masa sulit, terutama jika memilih latihan kreatif yang memaksa kita untuk mempelajari keterampilan baru. Meski demikian, jangan membuat aktivitas kreatif apa pun yang akan menjadi latihan yang kompetitif, agar tidak terjebak dalam ‘perangkap’ membanding-bandingkan bagaimana Anda menghabiskan waktu karantina Anda dengan cara orang lain menghabiskan waktu mereka.

( sumber: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4239788/5-cara-meningkatkan-mood-selama-pandemi-corona-covid-19# )

Leave your thought