Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini

11 May
0 comment

Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini;

Sampai hari ini di Indonesia masih banyak terjadi kasus-kasus korupsi yang diungkap oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan juga KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Indonesia memiliki peringkat tertinggi terhadap kejahatan korupsi diAsia bahkan sampai dengan level peringkat dunia. Oleh karena itu, Indonesia bisa dikatakan sebagai negara yang darurat akan korupsi dan harus diselamatkan. Apabila tindakan korupsi ini dibiarkan, maka –percaya atau tidak– negara Indonesia akan hancur.

Selain penangkapan dan penindakan (seperti yang dilakukan oleh KPK), tindakan pencegahan juga harus dilakukan, yakni dengan cara memberikan pendidikan anti korupsi sejak dini sehingga anak-anak dapat mengetahui bahaya dan dampak dari perilaku korupsi, dan pada saat tumbuh dewasa mereka akan memahami bahwa tindakan korupsi adalah tindakan yang tidak dibenarkan yang dapat membuat kerugian bagi negara dan orang lain, serta akan ada akibat hukum yang ditimbulkan apabila melakukan korupsi.

Para orang tua, guru, aparat penegak hukum harus berperan aktif mengajarkan dan menanamkan karakter antikorupsi kepada pelajar seperti dengan memberikan 9 nilai karakter anti korupsi, yaitu :

  1. Jujur à  Kejujuran merupakan nilai dasar yang menjadi landasan utama bagi penegakan integritas diri seseorang. Berkata jujur dan transparan serta tidak berdusta baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Kejujuran juga akan terbawa dalam bekerja sehingga dapat membentengi diri terhadap godaan untuk berbuat curang
  2. Peduli à  Orang yang memiliki jiwa sosial tinggi akan memperhatikan lingkungan sekelilingnya yang masih dihuni orang miskin, menderita, dan membutuhkan uluran tangan. Pribadi dengan jiwa sosial tidak akan tergoda untuk memperkaya diri sendiri dengan cara yang tidak benar tetapi ia malah berupaya untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu sesama.
  3. Mandiri à  Kemandirian membentuk karakter yang kuat pada diri seseorang Mentalitas mandiri yang dimiliki seseorang memungkinkannya untuk mengoptimalkan daya pikirnya guna bekerja secara efektif. Pribadi yang mandiri tidak akan menjalin hubungan dengan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab demi mencapai keuntungan sesaat.
  4. Disiplin à  Seseorang yang mempunyai pegangan kuat terhadap nilai kedisiplinan tidak akan terjerumus dalam kemalasan yang mendambakan kekayaan dengan cara yang mudah
  5. Tanggung jawab à adalah Pribadi yang utuh dan mengenal diri dengan baik, yang menyadari bahwa keberadaan dirinya di muka bumi adalah untuk melakukan kebaikan untuk sesama manusia. Segala perbuatannya akan dipertanggungjawabkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, negara, dan bangsanya.
  6. Kerja keras à  Individu yang memiliki etos kerja keras akan selalu berupaya meningkatkan kualitas hasil kerjanya agar bermanfaat sebesar-besarnya, dan tidak sudi memperoleh sesuatu tanpa mengeluarkan keringat
  7. Sederhana à  Orang yang menyadari kebutuhan hidupnya dan berupaya memenuhi kebutuhannya itu dengan sewajarnya tanpa berlebih-lebihan, tak tergoda untuk hidup bermewah-mewah. Kekayaan/modal kehidupannya adalah ilmu pengetahuan. Ia sadar bahwa mengejar harta tidak akan pernah ada habisnya karena hawa nafsu keserakahan akan selalu memacu untuk mencari harta sebanyak-banyaknya
  8. Berani à  Memiliki keberanian untuk menyatakan kebenaran dan menolak kebatilan. Takkan mentolerir adanya penyimpangan dan berani menolak secara tegas. Berani berdiri sendirian dalam kebenaran walaupun semua orang sudah menyimpang dari yang seharusnya. Tidak takut dimusuhi, tidak punya teman; kalau ternyata mereka mengajak berbuat menyimpang
  9. Adil à  Takkan menuntut hak yang melebih apa yang ia sudah upayakan. Bila ia seorang pimpinan, maka ia akan memberi kompensasi yang adil kepada bawahannya sesuai dengan kinerjanya. Ia juga ingin mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi masyarakat dan bangsanya.

Dengan pendidikan antikorupsi sejak dini, maka ketika anak-anak tumbuh dewasa dan sudah mengemban jabatan di negara ini, mereka akan berlaku ‘amanah’ dan tidak akan korupsi. Semoga.

( Sumber: https://www.kompasiana.com/masaguszailani46/5d7c892c0d823010157ea563/pentingnya-pendidikan-anti-korupsi-sejak-dini-untuk-selamatkan-indonesia )

Leave your thought