AGAR MEMILIKI INGATAN YANG KUAT, TIDAK MUDAH LUPA

21 Apr
0 comment

AGAR MEMILIKI INGATAN YANG KUAT, TIDAK MUDAH LUPA; Siapa yang tak ingin memiliki ingatan yang kuat..?  Bagi orang yang sering lupa, atau ketinggalan barang di rumah, misalnya… pasti sangat ingin memiliki daya ingat yang kuat.  Berikut ini contoh tips mudah dan sederhana yang bisa membantu meningkatkan daya ingat:

  1. Perhatikan makanan harian Anda

Makanan yang dikonsumsi setiap hari sangat berpengaruh dalam meningkatkan daya ingat otak. Jaga asupan nutrisi makanan untuk otak dengan mengonsumsi sayuran serta mengurangi makanan-makanan yang mengandung kandungan gula yang tinggi. Salah satu makanan yang bisa meningkatkan daya ingat adalah yang mengandung Omega 3. Omega 3 di dapat dari: ikan salmon, kedelai, bayam, makanan laut, dan minyak ikan.

2.  Menjaga kualitas tidur

Kualitas tidur sangat perlu dijaga agar memiliki daya ingat yang kuat. Tidur yang cukup (minimal 6 – 8 jam perhari) yang nyenyak dan berkualitas dapat membantu mengoptimalkan daya kerja otak.

3.  Sebisa mungkin fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan dalam satu waktu (hindari multitasking)

Menyelesaikan pekerjaan dengan cara multitasking kurang baik karena memiliki dampak yang negatif untuk kesehatan dan daya kerja otak sehingga jika terus-menerus melakukannya akan membuat tidak fokus terhadap suatu pekerjaan, bahkan tidak bisa mengingat salah satu pekerjaan yang sedang dikerjakan saat itu. Lebih baik fokuskan diri untuk mengerjakan satu pekerjaan saja yang membuat daya kerja otak dan ingatan menjadi lebih baik.

4.  Banyak-banyaklah menulis

Menulis merupakan salah satu aktivitas yang membantu daya ingat otak dan konsentrasi menjadi kuat dan tajam. Jika kita lupa suatu hal, ingat-ingatlah dengan menulis di kertas. Menulis itu mengalirkan oksigen menuju area otak sehingga apa pun yang ditulis akan lebih mudah diingat. Menulis juga dapat meningkatkan kapasitas memori otak.

5.  Memperbaiki dan menjalin hubungan sosial sebanyak-banyaknya

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Makin terjalin hubungan sosial dengan masyarakat, makin baik otak seseorang. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kondisi otak dan jantung yang baik berkaitan erat dengan hubungan keluarga dan hubungan sosial yang baik. Bantu orang lain, terutama di lingkungan terdekat. Atau ikut berpartisipasi dalam suatu organisasi yang bermanfaat bagi orang banyak, dan (juga) menambah jaringan pertemanan.

6.  Membuat hidup lebih terorganisir

Buatlah hidup yang lebih terorganisir agar bisa mengurangi risiko kepikunan. Kita bisa merancang kegiatan harian atau bulanan agar lebih fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai serta membantu daya kerja otak agar lebih teratur.

7.  Memperbaiki dan menjalin hubungan sosial sebanyak-banyaknya

Hal ini bisa membuat kita sering lupa atau pikun karena selalu berusaha memikirkan hal-hal yang tidak penting sehingga membuat kinerja otak menjadi berkurang dan terganggu.

8.  Sering-seringlah makan permen karet

Penelitan di Inggris membuktikan bahwa mengunyah permen karet setiap hari bisa membantu kualitas daya ingat. Karena aktivitas ini berkaitan dengan otak, terutama pada bagian hippocampus yang bisa meningkat jika sering mengunyah permen karet.

9.  Menonton acara humor, komedi, lawak, dsb.

Selain menghibur, acara komedi juga bisa membuat daya ingat menjadi lebih kuat. Tertawa juga dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu zat yang jika jumlahnya berlebih dapat merusak hippocampus. Oleh karena itu tertawa memberikan dampak positif, yakni meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang.

 

( sumber: https://cantik.tempo.co/read/1153480/tingkatkan-daya-ingat-dan-ketajaman-otak-dengan-10-tips-berikut/full&view=ok )

Leave your thought