Olahraga yang Paling Cocok dilakukan di Rumah

18 Apr
0 comment

Olahraga yang Paling Cocok dilakukan di Rumah; Di tengah wabah virus berbahaya yang sedang melanda dan mengharuskan kita stay di rumah, bahkan untuk bekerja (WFH), menyebabkan rumah menjadi pusat kegiatan kita selama hampir 24 jam setiap harinya. Namun harus disadari bahwa tubuh kita tak boleh dimanjakan; hanya bermalas-malasan saja. Karena, selain dapat membuat badan kita ‘melar’, kesehatan pun akan menurun.

Berolahraga secara rutin sangat penting bagi kebugaran tubuh. Keringat yang dikeluarkan melalui olahraga adalah cara terbaik untuk mengeluarkan racun-racun yang mengendap dalam tubuh kita. Tak hanya itu, gerakan-gerakan yang tepat juga dapat membentuk otot sekaligus melenyapkan lemak-lemak di bagian tubuh tertentu seperti perut dan paha.

Akan tetapi, bagaimana kalau kita tak diizinkan untuk pergi –karena PSBB ataupun lockdown– ke pusat kebugaran, ataupun lapangan olahraga? Bisakah kita berolahraga di rumah?  Ternyata kabar baiknya adalah: bisa..!  Berikut ini beberapa gerakan olahraga mudah yang dapat Anda lakukan di rumah:

  1. Squat: olahraga ringan yang sangat umum untuk membentuk kaki yang indah. Melakukan squat secara rutin dapat mengencangkan otot kaki. Tak hanya dapat dilakukan di atas lantai atau matras, gerakan ini juga bisa dilakukan di atas kasur tanpa perlu keluar kamar. Caranya adalah posisikan tubuh seperti akan berlutut (dari posisi berdiri), lalu ubah posisi kaki seperti mau jongkok, dan kembali berdiri. Begitu seterusnya, berulang-ulang. Lakukan gerakan ini 30 selama detik.
  2. Bicycle crunch : cara melakukannya adalah dengan memposisikan tubuh tiduran, terlentang. Lalu lakukanlah gerakan bicycle crunch, seperti gerakan mengayuh sepeda dengan tangan berada di belakang kepala. Lakukan gerakan ini berulang-ulang hingga cukup lelah, lalu luruskan lagi kaki Anda.
  3. Donkey kick : biasanya dilakukan di pusat kebugaran dengan matras, tapi juga bisa dilakukan di lantai. Caranya, posisikan tubuh seperti merangkak, posisi kaki menjuntai, lalu gerakkan kaki Anda menendang ke belakang – seperti tendangan keledai. Lakukan secara bergantian (kaki kanan dan kiri) selama masing-masing 30 detik.
  4. Sit up : gerakan ini bisa dilakukan bahkan sambil rebahan di kasur. Posisi badan terlentang, lalu angkat kepala (beranjak bangun) sampai hampir mencium lutut Anda sendiri, kemudian kembali ke posisi semula –rebah, terlentang. Gerakan Sit Up ini sangat mudah dilakukan dan cocok buat Anda yang merasa malas untuk beranjak dari kasur. Sit Up secara rutin dapat melatih dan mengencangkan otot-otot perut.
  5. Jackknife Sit Up : Cara melakukannya adalah dengan posisi duduk –bukan tiduran– dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Kemudian rapatkan kaki dan gerakkan kaki naik turun secara bergantian. Saat melakukan gerakan ini, pastikan posisi tubuh condong/miring ke belakang (tidak tegak lurus, karena akan menyulitkan gerakan kaki naik turun ke atas dan ke bawah). Gerakan Jackknife Sit Up merupakan tahap lanjutan yang memang lebih sulit untuk dilakukan daripada gerakan Sit up biasa.
  6. Push up : sepertinya semua orang tahu bagaimana cara melakukannya. Push up dapat dilakukan di matras, di kasur, ataupun di lantai. Tinggal dipilih posisi telapak tangannya, apakah lebih nyaman dibuka, ataukah dikepal –terserah Anda.

( sumber:
https://surabaya.tribunnews.com/2020/04/01/5-olahraga-mudah-cocok-dilakukan-di-rumah-selama-physical-distancing-bisa-kecilkan-paha-perut?page=3. )

Leave your thought