Agar Bisa Fokus dan Konsentrasi Penuh dalam Belajar

17 Apr
0 comment

Agar Bisa Fokus dan Konsentrasi Penuh dalam Belajar; Untuk bisa benar-benar fokus dan konsentrasi penuh ketika belajar memang tidak mudah. Apalagi kalau yang namanya ‘gangguan’ itu selalu ada, tak terelakkan… seperti saat ini, dimana semua siswa dan mahasiswa diharuskan untuk belajar via online. Namun, bagaimana pun kondisi kita, seharusnya kegiatan belajar tetap berjalan lancar, tak terganggu, apalagi sampai percuma atau sia-sia belaka. Sayang sekali bukan?

Jadi, apa yang mesti dilakukan agar kita bisa tetap fokus dan full konsentrasi ketika sedang belajar? Mari kita simak poin-poin berikut ini:

  1. Singkirkan / jauhi semua hal yang dapat mengganggu

Sebelum belajar, jauhi semua hal yang dapat menganggu: smartphone, TV, radio, dsb.  Cari tempat yang sepi dan bebas gangguan. Tutup akses orang lain untuk berbicara denganmu di waktu belajar. Semakin sering orang lain menganggu waktu belajar kita, maka semakin sulit untuk fokus. Bahkan bila perlu, beri tanda “jangan ganggu” di pintu ruangan belajarmu, agar dapat dilihat oleh siapa pun yang akan ‘mengganggu’.

  1. Kalau Anda termasuk ‘gampang haus’, sediakan minuman sebelum belajar

Cepat atau lambat Anda akan merasa haus, bahkan lapar. Nah, ketimbang mencari-cari minuman ditengah proses belajar, akan jauh lebih praktis dan cepat tak terhambat kalau Anda sudah menyediakan semua itu sebelum KBM dimulai. Sehingga fokus tetap terjaga. Karena menurut penelitian, otak manusia membutuhkan waktu untuk mengembalikan fokus yang sempat terganggu.

  1. Memilih waktu yang tepat untuk belajar

Hanya kita sendirilah yang tahu persis kapan waktu yang paling efektif untuk belajar. Pada umumnya, ada dua tipe orang di dunia ini: morning person (mudah bangun pagi, bersemangat menjalani aktivitas pagi hari), dan night owl (tipe orang yang merasa lebih baik dan bersemangat beraktivitas di malam hari).

  1. Hilangkan atau jawab segera pertanyaan-pertanyaan yang seringkali muncul dalam pikiran Anda

Berbagai pertanyaan yang mengganggu fokus pikiran kita saat belajar harus dihilangkan, atau segera dijawab. Karena pertanyaan-pertanyaan yang terus-menerus muncul di pikiran itu dapat mengganggu konsentrasi belajar kita.

  1. Buat badan Anda bergerak aktif apabila gaya belajar Anda ‘Kinestetik’.

Orang-orang yang merasa ‘tidak nyaman’ saat melakukan aktivitas yang minim pergerakan termasuk dalam kelompok orang dengan gaya belajar kinestetik. Artinya, mereka butuh melakukan sesuatu yang melibatkan fisik mereka. Padahal, aktivitas belajar biasa membuat mereka merasa seperti tidak melakukan apa-apa.

Nah, kalau Anda termasuk salah satunya, maka sesuaikan cara belajar Anda. Misalnya dengan membawa bola kasti dan memantulkannya ke dinding ruangan saat sedang belajar. Atau bisa juga Anda berputar-putar mengelilingi ruangan, melakukan push up di beberapa jeda waktu, hingga bermain spinner fidget. Apapun itu, lakukanlah selama Anda merasa nyaman dan bisa tetap fokus.

  1. Buang semua pikiran negatif yang ada

Pikiran negatif seperti: “Tidak ada gunanya belajar”, “Aku terlalu lelah untuk belajar”, atau “Aku sama sekali tidak bisa fokus” merupakan contoh-contoh pikiran negatif yang mengganggu konsentrasi. Apabila Anda dihantui oleh pikiran-pikiran negatif, maka berhentilah sejenak untuk mengosongkan pikiran Anda, lalu lanjutkan lagi kegiatan belajarmu.

Jangan sampai pikiran negatif masih ‘bergentayangan’ di kepala Anda sampai-sampai Anda terpengaruh dengan pikiran tersebut. Apabila demikian, maka Anda akan sangat sulit mendapatkan fokus dan konsentrasi penuh dalam belajar.

( sumber: https://www.shopback.co.id/katashopback/cara-fokus-belajar-agar-lebih-produktif )

Leave your thought