Urgensi Pendididkan Berbasis Online

08 Apr
0 comment

Urgensi Pendididkan Berbasis Online; Kemajuan teknologi dan komunikasi melalui internet kian terasa dan terus meningkat signifikansinya di setiap bidang kehidupan. Dalam bidang pendidikan, para siswa dan mahasiswa sekarang menggunakan internet untuk belajar. Apalagi di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini, dimana sekolah-sekolah dan kampus-kampus sudah ‘diliburkan’, maka belajar via online adalah satu-satunya alternatif yang paling ‘aman’ dan direkomendasikan.

Meskipun metode pembelajaran tradisional masih tetap dilakukan, namun seiring perubahan dan laju teknologi yang tak terbendung, maka sistem pendidikan pun harus semakin maju dan sesuai perkembangan zaman. Pemerintah wajib mengupayakan infrastruktur sekolah yang memadai dengan fasilitas komputer dan koneksi internet yang cepat agar dapat meningkatkan sistem pendidikan berbasis online untuk menjangkau setiap pelosok daerah. Pendidikan berbasis online dapat secara signifikan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang inovatif, dan dapat mandiri dalam upaya menciptakan lapangan kerja ataupun start up yang kompetitif.

Teknisnya adalah dengan mengkombinaskani penggunaan berbagai perangkat: hardwaresoftware, maupun brainware.

Brainware

  1. Guru berperan sebagai leader di Kelas Maya, yang memiliki kemampuan untuk menggunakan IT : komputer / laptop / tablet, smartphones atau perangkat IT lainnya, memiliki kreativitas dalam menyiapkan konten digital sebagai bahan ajar.
  2. Administrator atau Asisten Guru atau Laboran yang membantu Guru dalam melaksanakan tugasnya, memahami kerja learning management system, menyiapkan segala keperluan proses belajar-mengajar: peralatan peraga, kamera video, smartphones, handycam, dan sebagainya.
  3. Siswa sebagai pengguna akhir, yang dapat menggunakan komputer, tablet, internet dan software aplikasi.

Ketiga elemen ini dapat saling berinteraksi pada saat berlangsungnya KBM online.

 

(sumber: Kompasiana)

 

Leave your thought