Agar Anak Kreatif dan Inisiatif Tinggi (1)

20 Mar
0 comment

Agar Anak Kreatif dan Inisiatif Tinggi; Virus Corona Sedang Mewabah, Anak-anak di rumah… Apa yang seharusnya mereka lakukan?

Bagaikan dua sisi mata uang, kondisi ‘libur panjang’seperti saat ini dapat menguntungkan, juga dapat merugikan. Menguntungkan apabila anak-anak dapat belajar secara efektif, mengurusi dirinya dan barang-barangnya sendiri, bisa mandiri, bahkan ikut membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Namun akan jadi merugikan kalau anak-anak hanya tidur-tiduran, bermain gadget, atau menonton TV selama di rumah. Jangankan membantu membersihkan rumah, atau mencuci piring… bahkan untuk makan pun minta disuapi… Sungguh merepotkan..!

Karenanya sejak kecil anak harus dididik dan diajar untuk kreatif dan memiliki inisiatif yang tingggi. Jangan selalu dilayani atau diurusi semua kebutuhannya. Menumbuhkan inisiatif anak sejak kecil akan membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang gesit, mandiri, dan bisa diandalkan. Selain itu, anak kreatif dan inisiatif tinggi performanya jauh lebih baik di sekolah maupun kehidupan sosial, karena salah satu karakter yang dibutuhkan anak ketika terjun ke masyarakat adalah inisiatif. Di mana mereka berani dalam mengambil keputusan dan tidak bergantung pada orang lain.

“Bagaimana membentuk inisiatif ini kembali kepada bagaimana menanamkan nilai-nilai penting ke anak. Kita harus sadar bahwa tidak ada sesuatu yang otomatis, kalau mau punya anak yang hebat, kita harus berusaha…” tutur psikolog anak Annelia Sari Sani.  Aturan dasar lain yang perlu diketahui orangtua, lanjut Anne, adalah orangtua harus punya pandangan yang sama dalam menerapkan aturan. Menurut Anne, seringkali sumber kekacauan dalam pengasuhan adalah perbedaan aturan antara ibu dan ayah.

Agar kita satu pemahaman, pertama-tama harus paham dulu apa definisi dari kedua kata tersebut: kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Sedangkan inisiatif adalah kemampuan untuk memutuskan dan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu, mampu menemukan apa yang seharusnya dikerjakan terhadap sesuatu yang ada di sekitar, berusaha untuk terus bergerak untuk melakukan beberapa hal walau keadaan terasa semakin sulit.

Nah, apa saja yang harus dilakukan oleh para orangtua agar anak-anak menjadi pribadi yang kreatif dan penuh inisiatif..?  Silahkan baca artikel selanjutnya, salam..  🙂

Leave your thought