Cara Mengajari Anak Membaca Menulis dan Berhitung

27 Jan
0 comment

4 Cara Mengajari Anak Membaca Menulis dan Berhitung yang Efektif

cara mengajari anak membaca menulis dan berhitungMemahami cara mengajari anak membaca menulis dan berhitung termasuk hal penting supaya anak memiliki kemampuan ini sejak dini. Belajar membaca, menulis, maupun berhitung termasuk kedalam kemampuan dasar yang baiknya diajari orangtua dari rumah. Maka menjadi hal penting bagi setiap orangtua untuk mampu merangsang ketiga kemampuan tersebut pada buah hati.

Mengajari Anak Membaca, Menulis, dan Berhitung

Mengajari ketiga kemampuan ini sebaiknya dilakukan bertahap, sehingga anak tidak bingung dan lebih mudah mengingat. Berikut detail tata cara mengajari anak membaca menulis dan berhitung yang bisa diaplikasikan:

  1. Menyediakan buku bacaan khusus anak-anak yang berisi lebih banyak gambar sehingga anak tertarik untuk melihatnya.
  2. Bacakan buku bacaan yang sudah disediakan kepada anak, sehingga memunculkan ketertarikan anak untuk membacanya sendiri.
  3. Sediakan buku gambar maupun buku tulis beserta pensil untuk dipegang anak, supaya merangsang si kecil untuk mengasah kemampuan motoriknya dalam menulis.
  4. Sediakan mainan maupun buku yang berisi angka-angka, sebagai masa perkenalan anak dengan angka.

Semakin akrab si anak dengan materi bacaan, menulis, maupun berhitung semakin cepat mereka menguasai kemampuan tersebut. Anak-anak yang sudah bisa memegang sendok makan sendiri sudah aman diajari menulis dengan memberikan pensil sendiri. Sehingga tidak ada resiko pensil tersebut ditelan dan membuatnya tersedak yang justru berbahaya.

Dampingi anak selama proses perkenalan baik dengan buku, alat tulis, maupun angka-angka supaya lebih terarah. Sebab meninggalkan anak bermain dengan materi pembelajaran tersebut akan membuat mereka kebingungan. Dampingan orangtua akan membantu anak-anak memahami setiap buku dan alat hitung yang disediakan, baik cara membaca, menulis, maupun menghitung.

Asalkan orangtua memiliki niat dan kemauan untuk mengajari anak belajar menulis, membaca, dan menghitung dari rumah. Maka akan mendapat banyak kemudahan apalagi dalam proses mengajari anak tidak melulu harus memakai alat peraga yang mahal dan lengkap. Awali saja dengan memanfaatkan benda di sekitar rumah supaya lebih hemat. Sehingga cara mengajari anak membaca menulis dan berhitung lebih fleksibel namun tetap efektif.

By Tim Fikar

Leave your thought