Cara Mempelajari Matematika dan IPA dengan Mudah

10 Jan
0 comment

Kiat-Kiat Mempelajari Matematika dan IPA dengan Mudah

Cara Mempelajari Matematika dan IPA dengan MudahCara Mempelajari Matematika dan IPA dengan Mudah - Mata pelajaran Matematika dan IPA merupakan pelajaran yang cukup sulit di sekolah. Sebab berhubungan dengan angka serta hitung-hitungan. Hal itulah yang menyebabkan sebagian siswa merasakan sulit mempelajarinya. Padahal, apabila mengetahui teknik yang tepat dalam pembelajaran, justru matematika dan IPA merupakan pembelajaran yang menyenangkan.

Oleh karena itu, perlu diketahui kiat-kiat belajar sesuai dengan karakter mata pelajaran tersebut. Berikut ini akan diberikan beberapa macam kiat-kiat mempelajari Matematika dan IPA agar terasa lebih mudah dan menyenangkan.

5 Kiat Mudah Mempelajari Matematika dan IPA

Sebenarnya dalam proses pembelajaran yang perlu sekali diperhatikan adalah kenyamanan atau kesenangan dalam belajar. Sebab jika cara belajar itu diterapkan dengan menyenangkan maka otomatis pelajaran akan mudah dipahami. Apalagi mata pelajaran Matematika dan IPA yang termasuk sulit, sehingga butuh metode yang pas untuk menerapkannya. Berikut ini ada beberapa kiat-kiat mempelajari Matematika dan IPA dengan mudah dan menyenangkan yang dapat dengan mudah diterapkan di rumah maupun di sekolah.

  1. Teknik Mind Mapping

    Salah satu teknik yang bisa Anda lakukan adalah membuat mind mapping materi pembelajaran Matematika dan IPA. Melalui teknik mind mapp ini, Anda lebih mudah memahami rumus sebab yang dijadikan objek mind mapping hanya materi pokok saja. Misalnya pada pelajaran Matematika Anda menulis judul besar materi, kemudian sub-sub judul dan rumus masing-masingnya. Begitu pula pada pelajaran IPA yang terdiri dari Biologi, Fisika dan Kimia, mind mapping pun bisa menjadi solusinya.

  2. Audio Visual

    Selanjutnya kiat yang bisa Anda coba adalah belajar dengan media Audio Visual. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi kesulitan Anda memahami dan menguasai mata pelajaran Matematika dan IPA. Media audio visual yang digunakan dapat berupa video pembelajaran yang memiliki suara, sehingga saat menjelaskan pelajaran indera pendengaran dan penglihatan Anda akan terfokus untuk saling bekerja sama memahami pelajaran. Apalagi pelajaran IPA terutama Biologi, akan sangat menyanangkan jika pembelajaran disajikan dalam bentuk video.

  3. Tempel Karton Hafal di dalam Kamar

    Kiat yang selanjutnya adalah membuat contekan berupa karton yang bertuliskan pelajaran dan rumus-rumus penting dan tempel di dalam kamar Anda. Letakkan di dinding kamar, cermin, serta dinding samping tempat tidur. Melalui cara ini, setiap kali masuk kamar ingin bercermin, bangun tidur maka Anda akan melihat karton hafal yang tertempel di dalam kamar. Tanpa di sadari., lama kelamaan Anda dengan mudah akan menghafalnya.

  4. Teknik Menghafal Seru

    Kemudian kiat yang bisa Anda lakukan adalah teknik menghafal seru. Teknik menghafal seru ini bisa berupa metode jembatan keledai atau lainnya. Gunakan bahasa-bahasa kekinian agar Anda tidak merasa bosan atau bisa juga dengan menggunakan bahasa-bahasa istilah. Cara ini membuat Anda dengan mudah menghafal materi pelajaran Matematika dan IPA. Selain itu, teknik ini juga cukup menyenangkan dan mudah untuk diterapkan.

  5. Tutor Sebaya

    Kiat selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah belajar dengan tutor sebaya. Tutor sebaya bisa dilakukan secara kelompok bersama teman-teman. Pilih beberapa teman yang ahli dibidang matematika, IPA (Biologi, Fisika dan Kimia) dan buatlah jadwal belajar bersama. Belajar secara bersama-sama dengan tutor sebaya tentunya akan mempermudah Anda untuk saling berbagi dan bertukar pikiran.

Itulah teman-teman beberapa kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk memahami pembelajaran matematika dan IPA. Anda juga bisa meminta jasa dari kontak ini 0888-0891-0874, agar bisa belajar dengan menyenangkan. Selain itu Anda juga mendapatkan kiat-kiat yang lebih efektif secara nyata.

Leave your thought