Cara Mendidik Remaja Yang Keras Kepala

16 Aug
0 comment

Remaja Keras Kepala? Ini Cara Tepat unuk Mendidiknya

Tidak dapat dipungkiri bahwa remaja memiliki beragam karakter dan sifat, salah satu di antaranya adalah remaja yang keras kepala. Remaja dengan karaker seperti ini lazim ditemukan dalam keseharian. Sebenarnya memperlakukan remaja yang keras kepala tidaklah seperti remaja pada umumnya. Sebab jika salah dalam memberikan perlakuan, maka bisa jadi sifat kerasnya itu akan semakin membesar.  Lantas apa yang harus dilakukan?

Memahami karakter setiap remaja menjadi tuntutan bagi orang-orang dewasa yang ada di sekitar lingkungan remaja itu sendiri. Sebab dengan hal itu orang-orang dewasa mampu mendidik remaja dengan cara yang tepat sesuai dengan karakter dari remaja itu sendiri. Hal ini juga berlaku dalam hal mendidik remeja dengan karakter keras kepala. Bagaimana cara mendidiknya? Berikut informasinya.

  1. Lakukan Pendekatan Secara Personal

    Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendidik remaja yang keras kepala adalah melakukan pendekatan secara personal. Pendekatan bertujuan untuk mengetahui latar belakang kehidupan remaja dan menemukan penyebab mengapa ia menjadi orang yang keras kepala. Hal ini perlu dilakukan, mengingat remaja yang keras kepala tidak dapat diperlakukan sama dengan remaja lainnya.

  2. Coba Ikuti Apa yang Diingankannya

    Kedua, coba ikuti apa yang diinginkannya. Setelah mengetahui latar belakang si remaja, maka hal itu dapat memberikan gambaran seperti apa didikan yang harus diberikan. Biasanya remaja memiliki keinginan yang belum tersalurkan sehingga hal mempengrahui karakter dirinya. Oleh sebab itu, coba ikuti terlebih dahulu keinginan si remaja sambil dikontrol dan diarahkan.

  3. Berikan Arahan dan Motivasi

    Setelah melakukan dua hal tadi, maka selanjutnya berikan arahan dan motivasi kepada remaha tersebut. Pada langkah ini, orang dewasa memberikan pandangan tentang nasib kehidupan remaja di masa  mendatang atas apa yang dilakukannya hari ini. Harapannya langkah ini dapat menggugah hati dan membangkitkan semangatnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Melalui tiga langkah mendidik di atas, diharapkan dapat memberikan perubahan bagi remaja yang keras kepala. Penting pula bagi orang dewasa untuk menyadari bahwa apa yang mereka lakukan akan berpotensi mempengarhui kehidupan dan karakter remaha yang ada di sekitar lingkungannya.

By Team SU

Leave your thought