Membangun Anak Suka Olah Raga

14 Dec
0 comment

Membangun Anak Suka Olah Raga - Olahraga sangat baik dilakukan oleh orang di semua usia, termasuk anak-anak. Namun, tidak semua anak mudah untuk diajak berolahraga dan melakukan kegiatan fisik lainnya.

Definisi dan Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli

Berikut merupakan beberapa defenisi olah raga yang coba diungkapkan oleh para ahli :

  1. Edward, Menurut Edward, olahraga harus dilakukan dengan spontan dari mulai konsep bermain, games, dan sport.
  2. Dewan Olah Raga Eropa, Menurut Dewan Olah Raga Eropa, pengertian olahraga adalah setiap aktivitas spontan, bebas, yang dilaksanakan dalam waktu luang.
  3. Suryanto Rukmono, S. Si, Menurut Suryanto Rukomono, S. Si, olahraga merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat, baik secara jasmaniah maupun secara rohaniah.

Padahal membiasakan anak suka olahraga bisa membawa banyak manfaat baik untuk tubuh maupun perkembangan sosialnya.

  1. Biasakan si kecil aktif sejak dini. Hal yang terpenting agar anak suka olahraga adalah membiasakannya sejak kecil. Ini artinya, kita harus mengenalkan ia berbagai aktivitas fisik sedini mungkin. Misalnya, kurangi durasi menggendong anak saat di rumah dan usahakan untuk membiarkannya berjalan.
  2. Olahraga sebagai aktivitas keluarga. Untuk membuat anak menyukai olahraga tentu kita perlu menjadi contoh yang baik. Oleh karena itu, jangan hanya mengajarkan tetapi lakukanlah olahraga secara bersama-sama. Bisa berjalan-jalan santai, bermain tangkap bola, atau bersepeda. Hal terpenting, apapun aktivitas dan jenis olahraga yang dilakukan, cobalah terapkan hal itu sebagai bagian rutin dari agenda harian atau mingguan keluarga.
  3. Berikan contoh yang baik Untuk mendorong anak menjadi aktif maka kitaa juga perlu menunjukkan padanya dengan aktif berolahraga. Anak cenderung meniru apa yang orangtuanya lakukan. Semua dimulai dari orangtua. Kita bisa mengajaknya ikut serta berolahraga di gym, lapangan, atau di tempat-tempat lainnya.
  4. Lakukan olahraga yang berbeda. Sebagai langkah awal, jangan dulu mengkhususkan anak pada satu macam olahraga saja. Ajak ia untuk mencoba berbagai jenis olahraga agar anak bisa mengembangkan keterampilan fisik mereka dan mencari tahu jenis olahraga mana yang disukai
  5. Pilih tempat yang sesuai Jika kamu dan pasangan termasuk orangtua yang sibuk bekerja dan memilih untuk menitipkan anak di tempat penitipan, maka usahakan memilih tempat yang memiliki kenyamanan.

Membangun Anak Suka Olah Raga

Leave your thought