Manfaat Bernyanyi Pada Anak-Anak

18 Oct
0 comment

Manfaat Bernyanyi Pada Anak-Anak - Pada umumnya bernyanyi merupakan perwujudan ekspresi seseorang melalui nada-nada yang disusun sedimikian rupa agar enak didengar. Perwujudan ekspresi tersebut memberikan banyak pengaruh yang sangat baik bagi kita semua, bagi yang hobi menyanyi ataupun tidak. Yang akan dibahas di bagian ini adalah manfaat bernyanyi pada anak-anak yang berusia di bawah 10 tahunan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

  1. Ketika kita sedang bernyanyi, pernapasan kita menjadi lebih terkendali karena diharuskan untuk mencapai nada-nada tertentu. Hal ini akan membuat anak-anak menjadi lebih tenang dan emosinya lebih terkendali.
  2. Bernyanyi juga merangsang aktivitas otak anak. Setelah mereka mendengar sebuah lagu, dan mencoba menyanyikannya kembali karena suka, otak mereka bekerja untuk mengingatnya kembali, lalu berusaha untuk menyanyikannya. Selain itu, bernyanyi juga akan memperluas perbendaharaan kosakata mereka. Dianjurkan bagi ank-anak untuk mengenal banyak kosakata yang sesuai dengan usia mereka. Dengan mengetahui kata baru dan maksudnya, anak-anak akan semakin pandai berbicara dan mengatur emosinya.
  3. Bernyanyi melepas hormon endorfin yang memperbaiki mood anak-anak yang kadang tidak teratur.
  4. Bernyanyi di depan umum, bahkan di lingkungan rumah pun akan membangun rasa percaya diri bagi anak-anak. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan di masa remaja dan dewasanya.
  5. Bernyanyi tentu saja merangsang jiwa seni anak-anak. Bakat seni mereka akan perlahan-lahan terlihat ketika melantunkan beberapa lagu.

Dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut, tidak ada ruginya memutar lagu bagi anak/keponakan/saudara kita yang masih berusia dibawah 10 tahun. Tentu saja lagunya disesuaikan dengan usia mereka. Dengan mendengar banyak lagu bervokal menarik, mereka akan dengan sendirinya mencoba untuk menyanyikannya. Suara yang kurang enak didengar bukan masalah, selama tidak mengganggu, karena manfaat bernyanyi bisa mempengaruhi masa depan mereka.

Manfaat Bernyanyi pada Anak-anak

Leave your thought