Ciptakan Rumah Yang Nyaman Dan Ramah Anak

10 Oct
0 comment

Ciptakan Rumah Yang Nyaman Dan Ramah Anak - Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama manusia selain makanan dan pakaian. Rumah adalah tempat kita berkumpul bersama keluarga, menghabiskan hari-hari kita, dan tempat untuk beristirahat dari lelahnya aktivitas pekerjaan kita. Setiap orang pasti memiliki rumah idamannya masing-masing. Ada yang menyukai rumah mungil dengan halaman luas, ada yang menyukai rumah minimalis yang terang, ada juga yang menyukai rumah yang terlihat mewah dan glamour ala hotel bintang lima. Namun tahukah kita bahwa menata rumah tidaklah cukup hanya sekedar meletakkan furnitur dan dekorasi yang cantik semata.

Rumah yang cantik memang dambaan semua orang, tetapi yang jauh lebih penting dari itu adalah fungsi yang menjadi pertimbangan utama kita dalam menata sebuah rumah. Setiap keluarga memiliki kebutuhan yang jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, desain haruslah didasari pada kebutuhan si pemilik rumah.

Ketika memiliki buah hati, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya, memberikan tempat yang nyaman dan ramah anak di setiap sudut ruang. Ini penting dilakukan, untuk mencegah anak menemui bahaya atau kecelakaan yang mungkin terjadi di dalam rumah. Namun sayangnya sebagian besar orang lebih memilih memiliki dekorasi rumah yang bergaya namun tak memperhatikan kenyamanan dan keramahan untuk buah hati. Anak-anak usia balita khususnya, sangat rawan mengalami kecelakaan saat bermain di dalam rumah. Bisa saja, terjatuh dan terpentok bagian ujung perabotan yang tajam, atau terpeleset saat berjalan di lantai licin.

Oleh karena itu, penting menciptakan hunian yang ramah anak. Berikut adalah tips menciptakan rumah dengan dekorasi bergaya namun tetap ramah untuk anak-anak.

Gunakan material yang mudah dibersihkan

Untuk dinding misalnya, gunakanlah cat pelapis yang mudah dibersihkan (washable). Menggambar adalah bagian dari pembelajaran dalam tumbuh kembang anak. Sayangnya bagi anak kecil, segala macam bidang bisa saja menjadi media eksplorasi mereka dan tentunya dinding rumah kita pun tidak luput dari tangan kreatif mereka. Oleh sebab itu cat dinding yang mudah dibersihkan seharusnya menjadi pilihan utama kita untuk mengecat rumah khususnya area yang paling sering tempat bermain anak. Sedangkan untuk furnitur pilih juga yang bisa dibuka dan dicuci, contohnya sofa dengan sarung yang bisa dilepas

Pilih furnitur yang fungsional

Untuk orangtua yang memiliki anak, furnitur yang fungsional sangatlah penting. Tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki anak berarti bertambah banyaknya barang-barang yang harus bisa kita simpan. Perlengkapan bayi, perlengkapan makan, mainan dan perlengkapan-perlengkapan lainnya tentu saja harus bisa disimpan secara maksimal karena jika tidak rumah kita tentu akan tampak berantakan. Oleh sebab itu tentu saja akan sangat membantu jika kita memiliki sofa yang bisa menyimpan barang-barang anak kita yang sudah tidak lagi terpakai misalnya.

Bingkai hasil menggambar anak

Anak kecil biasanya lebih pintar mengekspresikan perasaan mereka lewat sebuah gambar, dan tidak jarang, mereka ekspresikan ide mereka di dinding rumah. Tak ada salahnya, saat membuat hunian, beri sedikit ruang seperti dinding khusus untuk anak menuangkan ide di atasnya. Sebab coretan tangan si kecil tak kalah indahnya dengan lukisan pelukis terkenal. Jangan ragu juga untuk memasang hasil gambar anak ke dalam sebuah bingkai, dan menjadikannya sebuah elemen dekorasi yang indah.

Buatlah ruangan lebih terbuka

Anak-anak sangat gemar bermain, salah satunya berlarian dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Karenanya ketika mendekorasi ruangan, sebaiknya memilih dekorasi yang minimalis dan menyisakan banyak ruang, serta memilih furnitur dengan sisi yang tidak tajam. Ini penting, agar anak dapat bermain dengan leluasa dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu menerjang sisi tajam.

Gunakan kata-kata bijak sebagai hiasan dinding

Pada usia pertumbuhan, anak-anak dapat belajar dari banyak hal. Karenanya ketika anak sudah mulai belajar membaca, kenapa tidak memasang kata-kata bijak sebagai salah satu elemen dekorasi rumah Anda. Selain mempercantik ruangan, si kecil juga dapat belajar membaca sambil memahami arti dari kalimat tersebut.

Pilih bahan-bahan yang tahan lama

Terkadang anak-anak gemar menumpahkan segala sesuatu, bahkan mencorat-coret dinding atau furnitur sesuka hati mereka. Karenanya penting memilih furnitur atau elemen dekorasi yang tahan lama. Salah satunya sofa berbahan kulit. Menggunakan sofa dengan pelapis kulit lebih mudah dibersihkan baik dari noda, debu atau cairan. Untuk dinding, gunakan cat dinding yang mudah dibersihkan, sehingga ketika anak-anak mencorat-coret dinding, Anda tidak perlu repot mengecat ulang namun tinggal dibersihkan saja.

Di Tulis oleh : Tim Fikar School 

Ciptakan Rumah Yang Nyaman Dan Ramah Anak

Leave your thought