Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Anak

21 Sep
0 comment

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Anak – Tidak mudah menumbuhkan rasa semangat belajar pada anak. Bahkan keluhan ini menjadi keluhan sebagian besar orangtua. Apalagi jika anak lebih suka bermain daripada harus membaca dan belajar di rumah. Tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orangtua yang memiliki anak tidak terlalu suka belajar. Bagaimana jika prestasi sekolahnya menurun? Bagaimana jika tidak lulus ujian? Kekhawatiran-kekhawatiran tersebut bisa Anda atasi dengan membaca artikel berikut mengenai bagaimana menumbuhkan semangat belajar pada anak.

Sekarang ini, sudah tidak susah lagi memperoleh informasi dan pengetahuan. Dengan semakin canggihnya teknologi dan informasi seharusnya memudahkan manusia terutama anak untuk bisa belajar dan memperoleh pengetahuan dengan lebih luas. Namun nyatanya, kemujuan teknologi dan informasi justru tidak menumbuhkan semangat belajar pada anak. Anak belum dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik terutama untuk tujuan belajar. Hal ini menjadi masalah dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Peran orangtua untuk mendorong semangat belajar

Orangtua merupakan pihak pertama yang sering dikaitkan dengan prestasi belajar anak. Mengapa? karena orangtua memiliki peran yang penting dalam menumbuhkan semangat belajar anak yang nantinya berdampak pada prestasinya di sekolah. Namun sayangnya tak semua orangtua menyadari bahwa mereka memiliki peran yang besar dalam hal pendidikan anak selain guru dan sekolah. Di sekolah anak telah mendapatkan pembelajaran dari guru, seharusnya di rumah pun orangtua wajib mendampingi anak agar semangatnya terus tumbuh.

Bagaimana mendorong anak untuk selalu semangat belajar?

Menumbuhkan semangat belajar pada anak memang tidak bisa jika hanya satu arah saja. Harus dilakukan bersama-sama dan seimbang. Berikut beberapa cara untuk menumbuhkan semangat belajar pad anak.

  • Mulai dari orangtua dan keluarga

Memang untuk menanamkan hal positif pada anak harus dimulai dari yang terdekat yaitu dari orangtua dan keluarga. Mengapa? karena keluarga dan orangtua merupakan sekolah pertama untuk anak-anaknya. Terutama untuk menumbuhkan semangat belajar anak maka mulailah untuk mengajarkan anak untuk selalu rajin dan semangat belajar misalnya selalu menemani anak belajar. Mungkin hal tersebut terkesan sederhana namun dampaknya besar pada semangat belajar sang anak. selain itu juga buatlah agar anak tak jenuh pada rutinitas belajarnya dengan memberikan sedikit konsep permainan ketika anak belajar.

  • Dukung kegiatan positifnya.

Ketika anak bercerita mengenai kegiatan-kegiatannya di sekolah maka jangan pernah untuk mengabaikannya. Usahakan berikan respon yang positif mengenai kegiatannya tersebut. jika itu dilakukan maka anak seperti mendapat dukungan dan perhatian sehingga akan lebih mendorong semangatnya untuk selalu belajar. Selain itu hal ini juga dapat menumbuhkan kepercayaan diri sang anak.

  • Berikan Sugesti Positif

Coba juga untuk selalu memberikan sugesti-sugesti positif kepada anak terutama ketika anak akan tidur. Sugesti positif yang diberikan menjelang tidur, lebih banyak potensinya untuk terekam di otak anak dan diterapkannya. Anda bisa memberikan sugesti-sugesti positif dengan nada pelan dan penuh kasih sayang sehingga dapat masuk ke alam bawah sadarnya.

  • Beri Penghargaan

Ketika anak mendapatkan prestasi di sekolah baik formal maupun non-formal usahakan untuk memberikan reaksi positif dengan memberikan penghargaan misalnya. Tak perlu dengan barang, kata-kata seperti “Anak Hebat” atau “Kamu Kebanggaan Ibu” itu saja sudah bisa membangkitkan semangatnya untuk selalu berprestasi.

Itulah beberapa cara untuk menumbuhkan semangat belajar pada anak. oiya bagi Anda para orangtua, ketika prestasi sang anak buruk jangan malah memarahinya namun coba berikan rasa nyaman kepada anak untuk berbicara dari hati ke hati sehingga anak lebih terbuka dan orangtua dapat mengetahui mengapa prestasi anak menurun. Terimakasih.

cara Menumbuhkan Semangat Belajar Anak

Leave your thought