Pentingnya Menggambar Bagi Otak Anak

17 Sep
0 comment

Pentingnya Menggambar Bagi Otak Anak – Kalau Anda berpikir melukis dan menggambar merupakan monopolinya orang-orang kreatif, Anda harus berpikir ulang. Menurut studi, melukis dan menggambar mempunyai manfaat untuk membuat Anda lebih bahagia dan optimis. Bahkan, kemampuan melukis dan menggambar erat kaitannya dengan kemampuan manusia untuk menghadapi proses seleksi alam.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa untuk manusia purba, koordinasi antara tangan dan mata yang diperlukan untuk berburu sama seperti dengan yang dibutuhkan untuk menggambar. Neanderthal meninggal sekitar 60.000 tahun yang lalu dan ini mungkin terkait dengan kemampuan artistik mereka yang buruk. Sebuah studi baru dari UC Davis meneliti bagaimana kekurangan kemampuan menggambar dari Neanderthal, dan karya seni luar biasa Homo sapiens, mungkin terkait dengan cara setiap kelompok berburu.

Neanderthal cenderung berburu dengan senjata jarak pendek seperti menyodorkan tombak, yang berarti mereka harus mendekati mangsanya. Homo sapiens, di sisi lain, menggunakan tombak lempar jarak jauh. Profesor psikologi emeritus Richard Coss mengemukakan dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Studies in Imaginative Culture bahwa manusia yang terlatih dalam berburu adalah yang mampu bertahan dalam proses seleksi alam. Mereka yang memiliki korteks parietal besar – bagian otak yang mengendalikan koordinasi mata-tangan dan sangat penting untuk berburu dan menggambar -yang bisa bertahan. Neanderthal dapat secara mental memvisualisasikan hewan yang dilihat sebelumnya dari ingatan, namun mereka tidak dapat menerjemahkan ingatan tersebut secara efektif ke dalam pola gerakan tangan terkoordinasi yang dibutuhkan untuk menggambar,” tulis Richard.

Berita bagusnya, manfaat yang didapatkan dari aktivitas menggambar untuk otak anak anda adalah:

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

Melukis dan menggambar menuntut kemampuan berimajinasi untuk menciptakan realita baru dalam sebuah artwork, menghasilkan detail-detail obyek-obyek seperti bangunan, orang atau pemandangan. Benarkah orang-orang yang kreatif hidup lebih lama dan lebih sehat? Hasil sebuah studi, tingkat kreativitas akan memberikan kemampuan seseorang untuk menghadapi stress dengan lebih baik. Masalah tentu saja selalu ada, tapi apabila kita terbiasa berpikir kreatif, kita akan menemukan banyak cara untuk menghadapinya.

Manfaat ini sangat berguna sekali apabila dikembangkan sejak usia anak-anak, karena otak mengalami perkembangan yang luar biasa di usia anak-anak. Jangan melewatkan masa-masa emas perkembangan otak anak-anak, ajak mereka untuk menggambar!

MENINGKATKAN MEMORI

Manfaat melukis dan menggambar bisa dinikmati mereka yang mengalami penyakit seperti Alzheimer. Walaupun penyakit ini berhubungan dengan memori, aktivitas melukis dan menggambar akan membantu mereka meningkatkan “ketrampilan” dalam mengingat. Imajinasi menuntut otak untuk berpikir dan akan mempertajam otak secara terus menerus.

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

Aktivitas melukis dan menggambar merupakan sebuah media bagi artist atau siapapun itu untuk menyampaikan pesan, menyalurkan emosi, bahkan hal-hal yang tidak mungkin disampaikan secara verbal. Aktivitas menggambar akan membantu seseorang yang mungkin memiliki hambatan berkomunikasi seperti rasa malu atau kurang percaya diri, atau bisa juga disabiliti seperti autisme. Proses menggambar yang konsisten membantu artist dalam proses berpikir yang tentu saja membantu kemampuan dalam berkomunikasi.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH.

Menggambar bisa menumbuhkan cara berpikir kritis dan membantu dalam problem solving. Menggambar membuat kita menyadari bahwa selalu ada lebih dari satu macam solusi dalam setiap masalah. Ketika mereka menciptakan sebuah artwork baru dari sebiah kertas kosong, mereka saat itu sedang belajar tentang berpikir “Out of the Box
Melukis dan menggambar akan memperluas perspektif pada berbagai situasi. Membantu kita mengatasi berbagai tugas dengan cara yang kreatif dan sangat efektif.

Pentingnya Menggambar Bagi Otak Anak

Leave your thought