Pentingnya Makan Bersama Keluarga

05 Sep
0 comment

pentingnya makan bersama keluarga

Pentingnya Makan Bersama Keluarga – Dengan alasan dan pendapat berbeda-beda, sepertinya setiap orang tahu manfaat makan bersama keluarga. Tetapi, ‘hari gini’, ketika anak-anak sudah semakin besar (dan si kakak pun sudah punya adik), dengan berbagai kesibukan dan gaya hidup masyarakat modern, belum lagi ditambah kemacetan lalu lintas kota-kota besar, membuat acara makan bersama jadi sulit diwujudkan. Pagi-pagi benar semua sudah bersiap-siap dengan aktivitas masing-masing. Malam hari, bisa jadi mama dan papa tiba di rumah sudah lewat jam makan malam. Bukan hanya mama-papanya saja yang sibuk, anak-anak pun sibuk dengan berbagai aktivitas, dari sekolah, ekstrakurikuler, hingga ikut kursus-kursus di luar sekolah. Makan pun dilakukan anak-anak di sekolah atau dalam perjalanan. Di rumah, belum tentu mereka duduk tenang menikmati makan malamnya. Hayo, siapa di antara mama yang menyuapi anaknya yang tengah mengerjakan setumpuk PR sekolah?

Makan bersama adalah waktu yang paling tepat untuk belajar keterampilan sosial. Tidak boleh bicara saat makan? Itu aturan lama, Ma! Ngobrol santai tentang berbagai hal menarik dan menyenangkan di meja makan juga bisa mengembangkan kemampuan sosial anak, lho. Obrolan-obrolan di meja makan juga meningkatkan kosa kata pada anak dan anak bisa mengekspresikan dirinya dengan lebih baik, asal selama bicara dia didengar dan dihargai. Nah, justru saat ngobrol inilah Anda bisa mengajari anak sopan santun dan memberinya contoh yang baik tentang etiket makan di meja makan. Misal, tidak boleh bicara terlalu bersemangat saat mulut masih penuh, tetapi sebaiknya kunyah dan telan dulu. Lalu, mereka sebaiknya mendengarkan orang lain yang sedang berbicara. Boleh berdebat di meja makan, tetapi tidak boleh kasar dan memainkan makanan.

Padahal, makan bersama sebagai sebuah keluarga adalah hal terbaik bagi pertumbuhan anak-anak. Bukan hanya sekadar memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan makanan, tapi lebih dari itu. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan bersama:

Nutrisi lebih baik

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa keluarga yang makan bersama-sama memiliki nutrisi yang lebih baik secara keseluruhan. Hal ini juga menurunkan risiko berbagai penyakit dan obesitas. Anak-anak dan orangtua mereka akan lebih banyak makan sayuran, sehingga mendapatkan lebih banyak vitamin dan nutrisi.

Performa anak-anak lebih baik di sekolah.

Menurut sebuah penelitian tahun 2005 di Universitas Columbia, remaja yang makan bersama keluarga mereka setidaknya lima kali seminggu lebih mungkin mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah. Anak-anak yang makan dengan keluarga mereka juga memiliki sikap yang lebih positif tentang masa depan mereka.

Meningkatnya komunikasi

Makan malam bersama dalam keluarga untuk memberi kesempatan untuk komunikasi. Percakapan selama makan memberi kesempatan bagi keluarga untuk menjalin ikatan dan terhubung satu sama lain. Hal ini juga memungkinkan orangtua dan anak-anak untuk mendiskusikan topik-topik menyenangkan dan serius, dan saling belajar.

Mengembangkan keterampilan sosial

Makan bersama juga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang baik karena mereka belajar menjadi pendengar yang baik, dan sabar menunggu sementara orang lain sedang berbicara.  Mereka juga menjadi ingin tahu tentang orang lain bukan hanya fokus pada diri sendiri.

Mengajarkan sopan santun di meja makan

Kesempatan yang baik bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anak mereka sopan santun di meja makan. Jika anak-anak tumbuh tanpa tata krama di meja makan, itu akan menciptakan banyak masalah bagi mereka dalam keberhasilan masa depan mereka.

Mengurangi penyalahgunaan zat.

Menurut sebuah penelitian oleh Pusat Nasional Ketergantungan dan Penyalahgunaan Zat di Universitas Colombia, keluarga yang tidak makan malam bersama tiga setengah kali lebih rentan terhadap penyalahgunaan resep dan obat lainnya. Makan malam keluarga tentu mengurangi tingkat penyalahgunaan zat di kalangan orang dewasa dan anak-anak dalam keluarga.

Hubungan baik.

Makan malam keluarga merupakan kesempatan yang ideal untuk memperkuat ikatan keluarga. Anak-anak dapat menggunakan waktu makan malam untuk membicarakan hal-hal penting atau meminta orang tua mereka menjawab pertanyaan anak-anak. Kegiatan membangun hubungan juga bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak terutama saat mereka menghadapi masalah-masalah yang lebih sulit di usia remaja.

Leave your thought