Mengoptimalkan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

01 Jun
0 comment

Mengoptimalkan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa Yang Unggul

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang penting dalam membangun SDM bangsa yang unggul. Di Indonesia hingga sekarang sudah banyak wacana-wacana dan buku-buku tentang pendidikan karakter, tetapi hasilnya belum maksimal. Permasalahan – permasalahan moral yang dihadapi bangsa ini masih sangat kompleks dimulai dari para pemimpin hingga masyarakat seluruhnya.

Permasalahan moral generasi sekarang merupakan akumulasi dari kesalahan pendidikan masa lalu yang kurang menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajarannya. Pendidikan hanya mengejar kemampuan intelaktual saja, sehingga menghasilkan manusia yang pintar tapi tidak baik. Pada dasarnya manusia pintar tapi tidak baik itu merupakan suatu bahaya karena mempunyai kesempatan untuk berbuat kecurangan. Maka untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang manusia Indonesia harus menjadi manusia yang pandai dan juga baik.

Untuk menciptakan peradaban bangsa yang dicita-citakan tersebut, maka diperlukan pengoptimalan pendidikan karakter. Dengan cara mengoptimalkan penanaman nilai-nilai luhur di dalam dunia pendidikan, keluarga, dan masyarakat. Menjadikan nilai-nilai luhur tersebut menjadi suatu kebiasaan dan juga dibutuhkan  pengoptimalan dukungan dari pemerintah berupa kebijakan, sarana prasarana, komitmen pemangku kepentingan, lingkungan, pedoman, dll. Dan kesemua cara pengoptimalan tersebut akan dapat sempurna apabila seluruh bangsa ini melandasinya dengan jiwa perjuangan dan pengabdian ( patriotisme dan nasionalisme) terhadap tanah air kita Indonesia.

Mengoptimalkan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Leave your thought