Peran Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Anak

18 May
0 comment

Banyak orang yang belum paham benar mengenai peran sekolah yang sebenarnya.  Sebagian orang menilai bahwa sekolah adalah tempat dimana anak harus belajar, dan mereka juga menilai bahwa kesuksesan dari sebuah sekolah dilihat dari keberhasilan dalam mencetak siswa-siswa juara yang berprestasi.  Benarkah hanya itu pengertian sekolah bagi kebanyakan orang? Bukankah seharusnya kita menyadari  peran sekolah dalam pendidikan karakter anak.

Anda pasti pernah merasakan bangku sekolah, saat itu Anda pasti juga merasa bahwa sekolah bagaikan rumah kedua Anda, karena hampir separuh hari waktu yang Anda miliki Anda habiskan untuk berkegiatan di sekolah, hal tersebut yang menjadikan peran sekolah dalam pendidikan karakter anak perlu diperhatikan.  Kalau memang benar bahwa sekolah adalah tempat dimana mereka diharuskan untuk belajar, sudah pasti Anda dulu saat di sekolah akan dilanda kebosanan.  Belajar yang saya maksud disini adalah berkutat pada pelajaran untuk mendapatkan nilai akademis yang tinggi.

Memang benar bahwa sekolah adalah tempat belajar bagi para siswa, tapi apa yang bisa dipelajari di sekolah?  Yang pasti bukan hanya prestasi dalam bidang akademis saja.  Prestasi akademis memang penting, tapi seorang siswa juga harus berprestasi dalam bidang non akademis, hal tersebut akan berperan penting untuk kesuksesannya di masa depan.  Prestasi non akademis tersebut seharusnya bisa didapatkan anak di sekolah, karena sekolah adalah tempat yang paling tepat bagi anak untuk mempelajari berbagai macam hal. Sekarang Hipnoterapi Jogja akan sedikit menjelaskan mengenai beberapa peran sekolah dalam pendidikan karakter anak.

4 Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter Anak

Seperti yang saya tulis di atas bahwa anak bisa mempelajari berbagai macam hal di sekolah.  Hal tersebut akan membuat anak berkembang dengan lebih baik dan akan mampu menghadapi masa depan dengan lebih percaya diri.  Berikut 4 peran sekolah dalam pendidikan karakter anak.

  1. Sebagai tempat bagi anak untuk lebih berekspresi

Sekolah seharusnya memberikan kesempatan bagi anak untuk menunjukkan kemampuan mereka, hal itu akan menjadi modal siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri.  Bukan hanya kemampuan belajar di dalam kelas saja, tapi juga kemampuan mereka di luar kelas, misal saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, berorganisasi, maupun saat jam istirahat.

  1. Sebagai tempat bagi anak untuk menemukan bakat

Semua anak terlahir dengan mempunyai bakat mereka masing-masing.  Akan tetapi tidak semua anak mengetahui bakat yang mereka miliki, walaupaun ada beberapa yang sudah mengetahui bakat mereka sejak kecil.  Bagi anak  yang belum mengetahui bakat mereka, guru di sekolah berkewajiban membekali mereka dengan ilmu pengetahuan yang ada, agar anak mampu menggali bakat mereka.

  1. Sebagai tempat untuk belajar lebih menghargai

Anda semua pasti tahu bahwa saat berada di sekolah anak tidak hanya berinteraksi dengan guru dan siswa yang lain.  Anak juga akan berinteraksi dengan orang-orang yang termasuk bagian dari sekolah, seperti petugas kebersihan, satpam, pesuruh sekolah, bapak ibu kantin, dan juga tukang jajanan di lingkungan sekolah.  Dengan berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai kalangan akan membantu anak untuk belajar lebih menghargai apapun profesi orang itu.

  1. Sebagai tempat yang mengajarkan persahabatan

Saat ini diantara Anda pasti ada yang masih menjalin komunikasi yang baik dengan teman sekolah Anda, atau bahkan mungkin malah ada yang menjadikan teman sekolah sebagai partner bisnis.  Hal tersebut dikarenakan persahabat yang terjalin semenjak sekolah merupakan hal terindah yang bisa terus dijalin hingga dewasa.  Dan sekolah yang baik akan menciptakan persahabatan bagi para siswanya.

Setelah memahami keempat hal di atas Anda tentu semakin mengerti peran sekolah dalam pendidikan karakter anak.  Peran sekolah dalam hal ini sudah pasti akan ikut berperan dalam pembentukan karakter anak.  Lalu apa hubungan hipnoterapi dengan pembentukan karakter anak?

Sebelumnya perlu kita ketahui bersama bahwa karakter seseorang bermula dari pikiran yang dia miliki.  Pikiran akan akan menjadi input untuk munculnya suatu perilaku tertentu.  Perilaku yang diulang-ulang akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang dilakukan terus menerus dalam jangka panjang tersebutlah yang nantinya akan membentuk karakter seseorang.  Hipnoterapi sendiri erat kaitannya dengan dunia pikiran.  Itulah mengapa hipnoterapi mempunyai peran dalam pembentukan karakter.

Kali ini kami dari Hipnoterapi Jogja akan menjelaskan sekilas mengenai hubungan hipnoterapi dengan pembentukan karakter anak.

Hubungan Hipnoterapi dengan Pembentukan Karakter Anak

Untuk anak.

Dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang anak.  Agar seorang anak bisa berekspresi menunjukkan kemampuan yang dia miliki seorang anak harus memiliki rasa percaya diri.  Rasa percaya diri merupakan software yang bekerja dalam pikiran seorang anak. Percaya diri seorang anak perlu dimunculkan agar karakter-karakter positif lain bisa muncul.

Hipnoterapi bisa membantu anak untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan cara masuk ke dalam pikiran bawah sadar seseorang kemudian melakukan programming ulang pikiran.

Rasa percaya diri juga penting dimiliki seorang anak sebagai pondasi penting bagi kemampuannya bersosialisasi. Bersosialisasi menjadi kebutuhan sangat penting bagi seorang anak untuk kematangan emosinya.

Untuk Guru.

Seorang guru harus respek dengan kemampuan setiap anak yang memiliki keunikannya masing-masing.  Dengan hipnoterapi guru mampu memahami dunia anak didiknya yang beraneka ragam.  Dunia anak yang berbeda-beda juga memiliki gaya belajar yang berbeda-beda pula. Jika seorang guru mampu memahami dunia pikiran lewat hipnoterapi dengan baik, maka akan menjadi semakin mudah membimbing anak didiknya menemukan bakat dan keunikan masing-masing anak.

Dengan belajar hipnoterapi seorang guru juga akan semakin faham efek dari kata-kata yang diucapkan kepada anak didiknya. Berdasarkan pemahaman tentang mekanisme hipnoterapi guru dapat dengan cerdas mampu merancang sugesti yang memberdayakan murid. Kata-kata yang memberdayakan murid menjadi salah satu sarana penting untuk membantuk karakter anak yang tangguh.

Kesimpulan yang dapat kita ambil, hipnoterapi dapat Anda aplikasikan dalam berbagai hal. Dapat juga digunakan di sekolah guna meningkatkan efektifitas kegiatan sekolah dalam mendidik siswanya menjadi seorang yang berkarakter mulai.  Karena hipnoterapi erat kaitannya dengan akar dari perubahan karakter yaitu dunia pikiran.  Sekian artikel yang Hipnoterapi Jogja sampaikan mengenai peran sekolah dalam pendidikan karakter anak.

Leave your thought