Penggunaan Gadget Yang Baik Bagi Siswa SD

19 Mar
0 comment

“Gadget laksana pedang, sangat tergantung siapa yang memegang, jika dipegang anak yang soleh akan menjadi kebaikan, sedangkan dipegang anak yang nakal akan menjadi keburukan”. Sebagaimana pedang ianya akan berfungsi sebagai penegak keadilan jika ditangan orang yang adil, dan bisa menjadi alat kejahatan, jika dipegang oleh preman ataupun penjahat”. Oleh karena itu, menjadi penting bagi orang tua dan guru di sekolah untuk memberikan pembelajaran dan keteladanan dalam penggunaan gadget yang baik bagi siswa siswi sekolah dasar.

Sebelum kita lanjutkan mari kita sepakati bersama bahwa yang dimaksud gadget dalam artikel ini adalah perangkat elektronik modern yang mudah digunakan dan mudah dibawa kemanapun yaitu Mobile Phone atau orang Indonesia menyebutnya Handphone yang disingkat HP.

Anak belajar dari lingkungan kehidupannya. Untuk anak usia sekolah dasar lingkungan utamanya adalah rumah dan sekolah, sedangkan lingkungan pendukungnya adalah tempat bermainnya. Oleh karena itu pembiasaan yang terbaik bagi seorang anak adalah di rumah, yang kedua pembiasaan di sekolah. Faktor lingkungan dan pembiasaan akan memberikan pengaruh Enviromental Hypnosis. Karena bagi siswa sekolah dasar mereka rata-rata masih hidup di alam bawah sadar. Segala sesuatu yang ia dengar, yang ia lihat, ia pelajari, yang ia rasakan akan tersimpan dalam memori jangka panjang dan sangat berpengaruh terhadap pola perilaku di masa remaja dan dewasanya nanti.

Baik mari kita ulas bagaimana penggunaan gadget yang bermanfaat bagi anak sekolah dasar secara terperinci. Awalilah segala sesuatu dengan niat baik untuk kemanfaatan kehidupan. Baiknya orang tua mengadakan rapat keluarga yang dihadiri oleh semua anggota keluarga tanpa kecuali. Rapat ini harus di sosialisasikan jauh hari sebelumnya agar setiap orang mempersiapkan usulan terbaik untuk kebahagiaan bersama. Rapat baiknya diadakan di luar rumah, bisa di Masjid Agung terdekat atau di Taman Kota, intinya cari tempat yang strategis dan nyaman untuk semuanya. Pada saat rapat berlangsung semua gadget harus dinonaktifkan, hal ini sekaligus memberikan teladan pada anak anak bahwa ini adalah rapat yang penting, keluarga adalah prioritas kehidupan dan tidak boleh ada gangguan dari pihak luar.

Sebaik baiknya rapat adalah yang bisa menampung aspirasi dari seluruh anggota keluarga, biasakan untuk mendengar impian dan harapan dari putra terkecil di rumah, kemudian di lanjut kakak kakaknya jika ada, kemudian impian dan harapan Ibunda dan terakhir impian dan harapan dari ayahanda sebagai kepala rumah tangga sekaligus menawarkan langkah langkah strategis untuk membangun keluarga Bahagia dan sejahtera lahir batin dunia akherat.

Dalam rapat ini prioritaskan juga untuk membahas penggunaan gadget di rumah dan di ruang publik. Sepakati hal hal prinsip yang harus kita taati bersama. Misalkan 15 menit sebelum waktu sholat semua gadget harus di istirahatkan, termasuk televisi harus dinonaktifkan. Semua anggota keluarga harus fokus untuk Sholat tepat waktu, khusus laki-laki Sholat berjamaah di masjid terdekat, khusus putri sholat di mihrob dalam rumah. Bahkan hal ini berlaku juga dalam perjalanan atau ketika menjadi musafir, sepuluh menit menjelang waktu sholat, kita harus mencari masjid terdekat untuk transit melaksanakan sholat berjamaah. Ketika semua anggota keluarga konsisten melakukannya, maka anak anakpun akan mengikutinya. Hal ini juga menanamkan dalam pikiran bawah sadar bahwa Sholat adalah sesuatu yang sangat penting dan sebagai kegiatan prioritas dalam kehidupan.

Lebih lanjut, tentang gadget bagi anak, sebaiknya anak tidak dibelikan handphone di usia SD (meskipun orang tua mampu). Artinya status gadget yang dipakai anak jangan kita serahkan sebagai hak milik sebagaimana benda benda mainan lainnya. Usahakan status hak miliknya tetap di orang tua. Demikian artikel tentang Penggunaan Gadget Yang Baik Bagi Siswa SD, semoga bermanfaat.

By Sekolah Karakter Fikar School

Penggunaan Gadget Yang Baik Bagi Siswa SD

Leave your thought